MOVIESCOUT –┬áSarapan merupakan salah satu waktu makan penting yang seringkali diabaikan. Padahal, memulai hari dengan asupan yang baik dapat memberikan energi dan meningkatkan konsentrasi sepanjang hari. Pancake ubi jalar muncul sebagai alternatif sarapan yang tidak hanya lezat tapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah ulasan lengkap tentang bagaimana membuat pancake ubi jalar yang bisa menjadi pilihan sarapan manis dan sehat Anda.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 200 gram ubi jalar, rebus hingga matang dan haluskan
  • 150 gram tepung terigu serba guna
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk (opsional)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir atau madu
  • 2 butir telur
  • 150 ml susu (bisa menggunakan susu nabati untuk versi bebas laktosa)
  • 2 sendok makan minyak sayur atau lelehkan mentega, dan tambahan untuk menggoreng
  • Ekstrak vanili secukupnya
  • Sirup maple, madu, atau topping pilihan untuk penyajian

Langkah Pembuatan Pancake Ubi Jalar:

1. Persiapan Bahan:
Rebus ubi jalar hingga matang, lalu haluskan. Saring tepung terigu, baking powder, kayu manis, pala, dan garam ke dalam wadah untuk memastikan tidak ada gumpalan dan bahan tercampur rata.

2. Mencampur Bahan Kering:
Dalam wadah besar, campurkan bahan kering yang telah disiapkan. Pastikan semua bahan tercampur secara merata untuk mendapatkan adonan yang homogen.

3. Mencampur Bahan Basah:
Dalam wadah terpisah, kocok telur dan gula pasir atau madu hingga berbusa. Tambahkan ubi jalar yang telah dihaluskan, minyak sayur atau mentega yang telah dilelehkan, susu, dan ekstrak vanili. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

4. Membuat Adonan Pancake:
Tuangkan campuran bahan basah ke dalam bahan kering secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan halus dan tidak ada gumpalan.

5. Memanaskan Wajan:
Panaskan wajan atau griddle dengan api sedang. Oleskan sedikit minyak atau mentega pada permukaan wajan untuk menghindari lengket.

6. Menggoreng Pancake:
Tuang satu sendok penuh adonan pancake ke wajan panas. Masak hingga bagian bawah pancake berwarna kecokelatan dan permukaan atas mulai berlubang, kemudian balik dan masak sisi yang lain hingga matang.

7. Penyajian:
Sajikan pancake ubi jalar dengan sirup maple, madu, atau topping favorit Anda seperti buah segar, krim kocok, atau selai kacang.

Manfaat Pancake Ubi Jalar untuk Kesehatan:

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, memberikan energi bertahan lama tanpa lonjakan gula darah yang cepat. Kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, dan berbagai mineral, ubi jalar membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Dengan menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis dan pala, Anda juga mendapatkan manfaat anti-inflamasi yang membantu melindungi tubuh.

Kesimpulan:

Pancake ubi jalar adalah inovasi sarapan yang menyajikan rasa manis alami dari ubi jalar dengan tekstur lembut dan fluffy dari pancake. Selain mudah dibuat, pancake ini juga dapat dijadikan pilihan sarapan sehat untuk keluarga. Dengan menikmati pancake ubi jalar, Anda membuka hari dengan sarapan yang tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga mendukung kesehatan Anda.