MOVIESCOUT –┬áPenang, sebuah pulau kecil di barat laut Malaysia, dikenal sebagai surga kuliner yang menawarkan keanekaragaman street food atau makanan jalanan yang memikat lidah. Dari Asam Laksa hingga Char Kway Teow, kegiatan tur kuliner di Penang akan membawa Anda pada pengalaman mencicipi ragam makanan penuh cita rasa yang unik dan otentik. Artikel ini akan mengajak Anda mengupas kekayaan street food di Penang dan memberikan tips untuk menikmati tur kuliner yang tak terlupakan.

Asam Laksa: Simfoni Rasa Asam dan Pedas

Asam Laksa Penang adalah ikon kuliner yang wajib dicoba. Kuah kaldu ikan yang pekat, dicampur dengan pasta ikan, tamarind, serai, dan cabai, menciptakan rasa asam dan pedas yang harmonis. Disajikan dengan mi beras, potongan nanas, mentimun, bawang merah, daun mint, dan tidak lupa, sambal belacan yang memberi kedalaman rasa. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Asam Laksa adalah di Pasar Air Itam.

Char Kway Teow: Aroma Wok yang Menggoda

Char Kway Teow, sajian mi datar goreng yang dimasak dengan api besar memberikan aroma wok hei yang khas. Dengan tambahan udang, kerang, sosis Cina, tauge, dan telur, membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Jangan lewatkan Gurney Drive, dimana banyak penjual Char Kway Teow yang siap memanjakan selera Anda.

Nasi Kandar: Lumeran Rempah dalam Nasi

Nasi Kandar, sejenis nasi campur yang disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ayam, sapi, kambing, udang, atau ikan. Semua lauk ini dimasak dengan rempah yang meresap sempurna. Saus kari yang dituang di atas nasi menambah keistimewaan hidangan ini. Line Clear dan Nasi Kandar Beratur adalah dua tempat yang terkenal dengan Nasi Kandar mereka.

Cendol Penang: Manisnya Penutup yang Menyegarkan

Tidak ada yang lebih menyegarkan dari segelas Cendol Penang di siang hari yang terik. Es serut yang diberi santan, sirup gula merah, dan cendol atau tepung beras hijau menjadi penutup yang sempurna setelah sesi kuliner yang mengenyangkan. Penang Road Famous Teochew Chendul adalah salah satu tempat terkenal untuk menikmati dessert ini.

Tips Menikmati Tur Kuliner di Penang:

  1. Rencanakan Rute Anda: Penang memiliki banyak lokasi kuliner terkenal. Buatlah daftar tempat yang ingin Anda kunjungi dan rencanakan rute yang efisien.
  2. Datang Pada Waktu yang Tepat: Beberapa tempat makan populer memiliki jam sibuk. Datanglah lebih awal atau di luar jam sibuk untuk menghindari antrean panjang.
  3. Pakaian yang Nyaman: Kenakan pakaian yang nyaman dan siapkan topi atau payung untuk melindungi diri dari panas matahari.
  4. Coba Sedikit dari Semuanya: Untuk mendapatkan pengalaman maksimal, coba sedikit dari berbagai macam makanan daripada menghabiskan satu porsi besar di satu tempat saja.
  5. Tetap Terhidrasi: Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi karena cuaca yang panas.

Tur kuliner di Penang bukan hanya tentang makanan, tapi juga tentang sejarah dan budaya yang melebur dalam setiap suap. Setiap hidangan yang Anda coba adalah bagian dari cerita dan tradisi yang telah lama ada di pulau ini. Jadi, siapkan selera dan semangat Anda untuk tur kuliner yang akan memanjakan indera dan menambah wawasan tentang kekayaan kuliner Malaysia. Selamat menjelajah!