MOVIESCOUT –┬áPasta Carbonara adalah salah satu hidangan Italia yang paling terkenal dan disukai banyak orang. Resep asli dari Italia ini menawarkan kesederhanaan dalam bahan dan kekayaan rasa yang luar biasa. Berbeda dari versi Amerikan yang sering menggunakan krim kental, resep asli Italia justru tidak mengandung krim. Pasta Carbonara yang autentik mengandalkan kehalusan dan kelembutan dari campuran telur dan keju, yang menyatu sempurna dengan pasta yang al dente. Berikut adalah resep untuk membuat Pasta Carbonara dengan saus yang asli dan kaya rasa.

Bahan-bahan:

  1. 400 gram spaghetti atau pasta pilihan Anda
  2. 150 gram pancetta atau guanciale, potong dadu
  3. 3 butir telur besar (gunakan 2 butir telur utuh dan 1 kuning telur)
  4. 100 gram keju Pecorino Romano atau Parmigiano-Reggiano, parut halus
  5. 1 siung bawang putih, geprek (opsional)
  6. Merica hitam segar, giling kasar
  7. Garam secukupnya
  8. Air untuk merebus pasta

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Rebus pasta dalam air yang telah diberi garam hingga al dente, mengikuti instruksi pada kemasan. Pastikan untuk menyimpan sedikit air rebusan pasta untuk menggunakannya nanti dalam saus.
  2. Sementara pasta sedang direbus, panaskan pancetta atau guanciale dalam wajan tanpa minyak hingga lemaknya keluar dan mulai garing. Jika Anda menggunakan bawang putih, tumis bersama pancetta hingga harum, kemudian buang bawang putihnya.
  3. Dalam mangkuk terpisah, kocok telur, tambahkan keju parut, dan merica hitam giling kasar. Aduk rata hingga tercampur.
  4. Setelah pasta al dente, tiriskan dan simpan sedikit air rebusan pasta. Masukkan pasta panas langsung ke dalam wajan dengan pancetta yang sudah digoreng, aduk cepat.
  5. Matikan api, kemudian tuangkan campuran telur dan keju ke atas pasta. Aduk cepat dan tambahkan sedikit demi sedikit air rebusan pasta yang telah disimpan untuk mencapai konsistensi saus yang kremi dan lembut. Aduk hingga semua bahan menyatu dan saus mengental karena panas dari pasta.
  6. Sajikan segera sambil ditaburi dengan lebih banyak keju parut dan merica hitam jika suka.

Tips:

  • Pastikan untuk bekerja dengan cepat saat mengaduk pasta dengan campuran telur dan keju agar panas dari pasta cukup untuk mengentalkan telur tanpa membuatnya berubah menjadi scramble.
  • Gunakan air rebusan pasta yang hangat untuk membantu mengentalkan saus agar menjadi kremi tanpa perlu krim tambahan.
  • Pilihan pasta yang tepat dan waktu memasak yang akurat adalah kunci untuk mendapatkan tekstur pasta yang sempurna.

Pasta Carbonara yang dibuat dengan resep asli ini tidak hanya lezat tetapi juga menunjukkan keajaiban yang bisa tercipta dari kombinasi bahan-bahan sederhana. Selamat menikmati kelezatan Pasta Carbonara yang otentik di meja makan Anda!