MOVIESCOUT – Perang Waterloo, yang terjadi pada tanggal 18 Juni 1815, merupakan salah satu pertempuran paling terkenal dan penting dalam sejarah militer Eropa. Pertempuran ini menandai akhir dari era dominasi Napoleon Bonaparte di benua Eropa dan membuka babak baru dalam politik Eropa.

Awal Mula Pertempuran
Setelah kembali dari pembuangan di Elba, Napoleon merebut kembali kekuasaan di Prancis pada tahun 1815 dalam periode yang dikenal sebagai Seratus Hari. Koalisi Eropa yang terdiri dari Inggris, Prusia, Austria, dan Rusia segera memobilisasi pasukan mereka untuk menghadapi ancaman yang kembali ini. Napoleon, yang menyadari bahwa ia harus bertindak cepat sebelum koalisi tersebut sepenuhnya siap, melancarkan serangan ke Belgia dengan harapan dapat memisahkan pasukan Prusia di bawah komando Jenderal Gebhard Leberecht von Bl├╝cher dan pasukan Inggris yang dipimpin oleh Duke of Wellington.

Jalannya Pertempuran
Pada pagi hari tanggal 18 Juni, pasukan Napoleon menyerang pasukan gabungan Inggris dan Belanda yang dipimpin oleh Duke of Wellington. Pertempuran berlangsung di dekat desa Waterloo di Belgia. Meskipun pasukan Prancis awalnya mampu memberikan tekanan yang signifikan, kedatangan pasukan Prusia di sore hari mengubah arah pertempuran. Pasukan Prusia, yang telah berhasil menghindar dari kekalahan total di pertempuran Ligny dua hari sebelumnya, tiba tepat waktu untuk memberikan dukungan yang penting kepada pasukan Wellington.

Kemenangan Koalisi
Dengan kedatangan pasukan Prusia, pertempuran berbalik melawan Napoleon. Pasukan koalisi, dengan tenaga yang segar dan jumlah yang lebih banyak, mampu mematahkan serangan pasukan Prancis. Napoleon terpaksa mundur, dan pasukannya mengalami keruntuhan. Kekalahan di Waterloo menandai berakhirnya kekuasaan Napoleon dan ia kembali dibuang ke pulau Saint Helena di Atlantik Selatan, di mana ia meninggal pada tahun 1821.

Dampak Historis
Perang Waterloo memiliki akibat yang signifikan dan berkepanjangan bagi Eropa. Kongres Wina, yang telah terganggu oleh kembalinya Napoleon, dilanjutkan dan menghasilkan penataan ulang peta politik Eropa yang bertujuan untuk memelihara keseimbangan kekuatan dan mencegah dominasi satu negara atas yang lain. Era baru stabilitas relatif, dikenal sebagai “Sistem Wina,” dimulai dan bertahan hingga pertengahan abad ke-19.

Perang Waterloo hingga hari ini masih dikenang sebagai contoh dari keberanian militer, strategi, dan perubahan tajam nasib yang dapat terjadi dalam sejarah dunia. Pertempuran ini tidak hanya menandai akhir dari era Napoleonic Wars tetapi juga menjadi simbol perubahan tatanan kekuasaan di Eropa.