MOVIESCOUT –¬†Ginkgo biloba, yang sering disebut sebagai pohon ginkgo, adalah salah satu spesies pohon tertua yang masih bertahan hingga kini. Dengan sejarah yang dapat dilacak kembali lebih dari 250 juta tahun, pohon ini telah menjadi saksi bisu transformasi planet bumi dan evolusi kehidupan. Artikel ini akan menjelajahi keajaiban pohon ginkgo, mulai dari sejarahnya yang panjang, manfaatnya yang luas, hingga perawatannya.

Sejarah Pohon Ginkgo:
Pohon ginkgo merupakan satu-satunya spesies yang tersisa dari divisi Ginkgophyta. Semua spesies lainnya telah punah, membuat ginkgo tidak hanya unik tapi juga penting dari perspektif botani dan evolusioner. Dikenal sebagai “fosil hidup”, pohon ginkgo telah bertahan dari perubahan iklim besar dan bencana alam, termasuk peristiwa kepunahan massal yang menewaskan dinosaurus.

Ciri Khas Pohon Ginkgo:
Pohon ginkgo dapat tumbuh hingga ketinggian 20-35 meter. Daunnya yang lebar, berbentuk kipas dan berwarna hijau terang pada musim semi dan musim panas berubah menjadi kuning cerah pada musim gugur, menjadikan pohon ini sangat menarik secara visual. Pohon ginkgo jantan dan betina terpisah, dengan pohon betina menghasilkan buah yang berbau kurang sedap saat masak.

Manfaat Pohon Ginkgo:
Ekstrak daun ginkgo telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina selama ribuan tahun. Di era modern, ekstrak ini dipercaya dapat membantu meningkatkan memori dan fungsi kognitif, mengurangi gejala demensia dan gangguan kognitif lainnya, dan mendukung kesehatan sirkulasi darah. Selain itu, pohon ginkgo juga berfungsi sebagai pohon hias yang menawan dan dapat meningkatkan kualitas udara.

Perawatan Pohon Ginkgo:
Pohon ginkgo adalah spesies yang tangguh dan dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah, meskipun lebih menyukai tanah yang baik drainasenya dan cukup lembab. Pohon ini relatif tahan terhadap polusi dan hama, yang menjadikannya pilihan populer untuk penanaman di area perkotaan. Pemangkasan rutin dapat membantu menjaga bentuk dan kesehatan pohon.

Kesimpulan:
Pohon ginkgo biloba tidak hanya penting secara botani tetapi juga kaya dengan nilai historis dan manfaat kesehatan. Keindahan alami dan daya tahan yang impresif menjadikannya simbol ketabahan dan kelangsungan hidup. Sebagai pohon yang menarik dan bermanfaat, ginkgo biloba layak mendapatkan tempat khusus baik dalam penelitian ilmiah maupun dalam pelestarian lingkungan hidup.