MOVIESCOUT –┬áSeoul, sebuah metropolis yang menjadi jantung budaya dan modernitas Korea Selatan, tak hanya terkenal karena K-pop dan drama Koreanya yang mendunia, tapi juga karena kekayaan kuliner yang memikat lidah para penjelajah rasa. Dari lorong-lorong tradisional Insadong hingga pasar malam yang meriah di Myeongdong, wisata kuliner di Seoul adalah sebuah petualangan yang menawarkan keanekaragaman rasa dan pengalaman yang tak akan terlupakan. Mari kita selami lebih dalam ke dalam wisata kuliner di Seoul, di mana setiap sudut kota menyimpan cerita rasa yang unik.

Pengalaman Kuliner di Jantung Seoul

1. BBQ Korea

Tak lengkap rasanya berbicara tentang kuliner Seoul tanpa menyebut BBQ Korea. Daging yang dimarinasi dengan sempurna, kemudian dipanggang di atas meja Anda, disajikan dengan berbagai banchan (lauk pendamping) seperti kimchi dan daun selada untuk bungkus daging, menciptakan kombinasi rasa yang sempurna.

2. Jalanan Snack Myeongdong

Myeongdong adalah surga bagi pencinta street food. Dari tteokbokki (kue beras pedas), odeng (kue ikan), hingga hotteok (pancake manis), setiap jajanan kaki lima di sini menawarkan rasa otentik street food Seoul yang lezat dan menggugah selera.

3. Kafe Unik dan Tematis

Seoul juga terkenal dengan kafenya yang unik dan tematis, dari kafe hewan peliharaan hingga kafe desainer interior yang Instagrammable. Kafe-kafe ini tidak hanya menawarkan minuman dan camilan yang lezat, tetapi juga pengalaman yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.

4. Pasar Tradisional Gwangjang

Pasar Gwangjang adalah salah satu pasar tertua dan terbesar di Seoul, menawarkan pengalaman kuliner tradisional. Anda bisa menemukan bibimbap, pancake sayuran (jeon), dan makanan khas lainnya yang disajikan oleh penjual yang telah mewarisi resep turun-temurun.

5. Budae Jjigae di Nolboo Budae Jjigae

Budae jjigae, atau “sup basisir”, adalah hidangan yang lahir dari masa perang ketika daging segar sulit didapatkan. Hidangan ini adalah campuran sosis, ham, dan berbagai sayuran dalam sup yang gurih, dan Nolboo Budae Jjigae adalah salah satu tempat terbaik untuk mencobanya.

Memahami Etiket Kuliner Korea

Saat berwisata kuliner di Seoul, penting untuk memahami beberapa etiket makanan Korea:

  • Tunggu sampai tuan rumah memulai makan.
  • Cobalah setiap banchan yang disajikan.
  • Gunakan sendok untuk sup dan sumpit untuk makanan lainnya.

Kesimpulan

Wisata kuliner di Seoul adalah sebuah petualangan yang harus dijalani dengan hati terbuka dan selera yang siap untuk diuji. Setiap hidangan merupakan cerminan dari sejarah, budaya, dan inovasi yang hidup dalam masyarakat Korea. Tak hanya mencicipi, wisata kuliner di Seoul juga mengajarkan kita tentang kekayaan tradisi dan cara baru menikmati makanan. Jadi, ketika Anda berkesempatan mengunjungi Seoul, pastikan untuk mempersiapkan diri Anda untuk petualangan rasa yang akan menggoyang dunia kuliner Anda. Selamat menjelajah dan menikmati keajaiban kuliner yang ditawarkan oleh kota yang dinamis ini!